Toyota New Hilux Toyota New Hilux Foto: Toyota Astra Motor

 

Jakarta

New Hilux resmi diperkenalkan untuk pasar otomotif Indonesia, Kamis (28/8/2020). PT Toyota Astra Motor membawa New Hilux dengan sejumlah pembaruan baik dari segi kosmetik hingga performa. Dan ditargetkan per bulannya bisa terjual 600 unit.

Hilux adalah produk global Toyota yang dipasarkan di berbagai negara. Generasi pertama diluncurkan pada 1968, dan total penjualan sampai generasi ke-8 mencapai 19 juta unit. Hilux pernah menjadi salah satu pilihan kendaraan masyarakat Indonesia pada kurun waktu 1977-1979.

Pada 2006, Hilux kembali masuk ke Indonesia dan menarik perhatian. Kemudian menjadi bagian dari Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) project dan hingga kini secara Whole Sales penjualannya sudah mencapai 116.428 unit.

Nah, kemarin Toyota memperkenalkan Hilux terbaru yang merupakan facelift dari generasi ke-8 global yang pertama hadir di Indonesia tahun 2015.Lalu, apa istimewanya Toyota Hilux 2020 ini? berikut redaksi detikOto rangkum.

Desain

Mobil pikap ini dikenal punya DNA sebagai kendaraan komersial tangguh untuk segala kebutuhan bisnis, kini tampil memiliki style design yang lebih kokoh, gagah, dan dinamis khas mobil perkotaan.

Eksterior

Sentuhan penyegaran pada model D-Cab terlihat pada aplikasi grille trapezoidal tebal Sentuhan penyegaran pada model D-Cab terlihat pada aplikasi grille trapezoidal tebal. Penampilan makin atraktif lantaran Desain bertema 3 dimensi begitu menonjol di bagian bumper depan dengan profil lekukan.

Toyota New Hilux

Untuk Hilux D-Cab tipe V sebagai flagship telah mengadopsi lampu depan LED yang dilengkapi auto leveling untuk meningkatkan visibilitas. Selain itu, tipe G dan V telah disematkan foglamp LED disertai rumah lampu berkelir hitam.

Interior

Di bagian interior, penyegaran langsung terdeteksi pada desain head unit, dimana tipe E mengandalkan flat design 2 DIN capacitive screen yang bisa memainkan radio, CD, USB, dan AUX-IN. Tipe G memanfaatkan model serupa dengan tambahan fitur Bluetooth. Sementara tipe V menggunakan monitor 7 inchi yang bisa memainkan DVD, radio, USB, AUX-IN, dan Bluetooth.

Masih dari area dashboard, tipe G dan V mengadopsi panel instrumen baru yang memberi kesan premium dan tangguh. Kedua model memperoleh MID 4,2 inchi TFT untuk menyajikan informasi lebih baik, serta dilengkapi indikator ECO untuk melihat karakter berkendara dan animasi saat mesin baru dinyalakan. Untuk menambah fungsionalitas, tersedia koneksi listrik via lighter di tengah dashboard sisi penumpang, serta assist grip di atas pintu pengemudi guna memudahkan akses keluar dan masuk di seluruh tipe D-Cab. Sementara untuk semua tipe S-Cab dan D-Cab dilengkapi dengan overhead console box dan illuminated entry.

Masih dari area dashboard, tipe G dan V mengadopsi panel instrumen baru. Kedua model memperoleh MID 4,2 inchi TFT untuk menyajikan informasi lebih baik, serta dilengkapi indikator ECO untuk melihat karakter berkendara dan animasi saat mesin baru dinyalakan.

Untuk menambah fungsionalitas, tersedia koneksi listrik via lighter di tengah dashboard sisi penumpang, serta assist grip di atas pintu pengemudi guna memudahkan akses keluar dan masuk di seluruh tipe D-Cab.

Sementara untuk semua tipe S-Cab dan D-Cab dilengkapi dengan overhead console box dan illuminated entry.

Dimensi dan Performa

Pada New Hilux S-Cab 4×4 dan seluruh D-Cab mendapatkan setting ulang pada sistem suspensi. Toyota mengklaim berkat susunan per daun (leaf spring) dirancang kembali menciptakan keseimbangan antara kenyamanan dan respons kemudi yang memadai, dan meredam goncangan yang timbul dengan lebih baik. Pun sanggup melibas jalanan rusak dan membuat mobil tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah jalur.

Toyota New HiluxToyota New Hilux Foto: Toyota Astra Motor

Secara dimensi New Hilux untuk single cab punya panjang 5.265 mm x Lebar 1.800 mm x tinggi 1.795 mm. Sedangkan double cabin punya dimensi lebih besar, yakni panjang 5.285 mm (tipe E 4×4 M/T) dan 5.325 mm (V 4×4 A/T), lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.815 mm.

Penyegaran di sektor kaki-kaki

Pada New Hilux S-Cab 4×4 dan seluruh D-Cab mendapatkan setting ulang pada sistem suspensi untuk menjamin kemampuan di medan off-road, dan meredam goncangan yang timbul dengan lebih baik. Toyota mengklaim susunan per daun (leaf spring) dirancang kembali sehingga terasa nyaman bahkan di jalanan rusak sekalipun dan membuat mobil tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah jalur.

Fitur-fitur

Variable Flow Control Power Steering pada D-Cab tipe G dan V bertugas mengendalikan kinerja pompa power steering berdasarkan kondisi berkendara untuk mencapai feeling mengemudi yang sesuai dengan kecepatan mobil. Perubahan ini membuat kemudi New Hilux terasa ringan ketika diputar dan mengurangi konsumsi bensin.

D-Cab tipe G dan V telah dilengkapi fitur Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal sebagai fitur safety untuk memberikan perlindungan terbaik pada penumpang. Sementara fitur immobilizer untuk mencegah pencurian tersedia di semua model New Hilux.

Toyota New HiluxToyota New Hilux Foto: Toyota Astra Motor


Sektor dapur pacu

New Hilux tipe S-Cab Diesel, 4×4, dan seluruh D-Cab mengandalkan mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm. Demi mendukung kinerja mesin powerful tersebut, transmisi otomatis 6-speed disematkan pada D-Cab tipe V.

Sentuhan berikutnya diberikan melalui penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat dan berujung pada fuel efficiency yang lebih baik.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *